Sunday, October 9, 2011

Asal muasal "persahabatan gue waktu SMP" = VIRUS

Tak ada kata yang seindah kata sahabat. Mungkin itu lebay, dan memang itu lebay sih. Sahabat bisa dibilang lebih intim dari pertemanan, tetapi sahabat tidak lebih intim dari pasangan suami-istri pada dasarnya. Kita mengenal dia menjadi seorang teman, sebelum pada nantinya mungkin dia akan menjadi sahabat kita.

Selayaknya persahabatn, v-rus bisa dibilang sahabat bagi kita anggota-anggotanya. Yang bisa disimpulkan bahwa sesama anggota v-rus menganggap anggota v-rus yang lain adalah sahabatnya, begitu juga sebaliknya. Seperti yang dibilang diatas, sebelum sahabat pasti kita mengenal yang namanya teman dulu. kita bertemu di tempat yang sakral bagi kita, Vanlith JHS namanya. Suatu lembaga sekolah yang begitu teringat dalam memori selalu. Disitu kita berteman hingga pada akhirnya bersahabat.

Paling enak memang bicarain tentang persahabatan dari pada pertemanan, karena yaitu. Lebih intim.


Waktu itu kita belom bilang kita itu namanya V-RUS, karena belom terjadi kisah yang mengharukan ini. Jadi gini ceritanya...
Seperti biasa, anak kelas sembilan lagi belajar di ruang kelas yang tenang cemerlang. Tiba-tiba berubah derastis menjadi gaduh ketika kepin membuat lawakan yang bagi penyimak ga lucu-lucu amat tapi dibikin selucu mungkin sama anak-anak biar jadi lucu dan memicu keributan yang menghibur. "yee asemblekek.." cetos kepin gaya lawak. "buakakakakak" tawa anak-anak penuh maksa. Kelas pun ribut ga jelas dan berhenti seketika setelah bu Anna masuk kelas dan memulai pembelajaran.
Bel istirahat pertama berkumandang, bu Anna bilang "istirahat dulu, ntar tugasnya lanjutin setelah istirahat". Semua murid keluar kelas, dan kepin dkk-lah yang mendahului mereka.
kayak biasa banget, kepin dkk duduk bersilah dibawah lantai sebelah kantin untuk makan makanan yang tadi beli di kantin. Kita ngumpul disitu karena keadaan kantin ga muat, lagi pula banyak juga yang seperti itu, sih. Sambil menikmatin makanan, kepin memulai per-obrolan "eh gue mau nembak yuni nih, tapi gue ga enak sama aliang, die kayanya masih suka sama yuni" bacot kepin dengan gaya cool. "lah elah pake segala ga enak, udah langsung tembak aje ga useh hiraukan yang laen" balas geral tanpa dosa. Mereka pun terus ngobrol sampe akhirnya bel masuk berbunyi.

Ternyata per-obrolan singkat itu bermakna bagi tindakan kepin di malam harinya. kepin nembak yuni lewat sms. Emang mungkin lagi hoki, malam hari itu mereka pun jadian setelah yuni bales "ya kepin cayangg :*" (sebenarnya cuma bilang "ya" tapi ditambahin aje biar tambah keren). Sejak hari itu hari-hari kepin terasa penuh dengan bunga-bunga karena kepin sekarang udah punya kekasih yang dia idamkan dari awal. Disisi lain ada aliang yang berubah menjadi sosok monster menyeramkan yang selalu menampilkan muka datarnya ketika berpapasan dengan kepin. Sebenarnya kepin merasa ga enak ati sama aliang, tetapi karena ga mau kehilangan yuni, ia rela berselisih dengan aliang teman sdnya dulu.

Singkat cerita karena memang singkat, 2 minggu tepat kepin dan yuni putus!. Yuni yang memutuskan kepin tanpa alasan (gue kira sih karena bosen sama kepin), harus kepin terima dengan lapang dada walaupun kenyataannya sakit sekali. hiks. Dengan muka setengah hidup, kepin mengemumkan kabar dukanya ke kita saat pembelajaran fisika di labolatorium. "gue putus nih sama yuni, anjir !" . "kok bisa pin ?" gue bertanya. "tau anjir, die mutusin gue ga ada alasanye.padahal kemarin baru aja gue mesra-mesraan nonton sama die. bangsat emang". "udeh deh, gak usah lebay. ngapain sih lo pikirin die, die aje belom tentu mikirin lo, dongo!" tegur winsen ceplos sambil nyatet catetatn di papan. "ah ngentoy lo sen, lo ga tau perasaan gue gimane? bangsay emang lo". Mereka pun ribut sampe akhirnya pak Hari yang lagi memberi catatan membentak sedikit "yang di belakang bisa diam tidak ?". kami pun diam tak berkata.

hening...

Jedah sejenak, kepin mencoret-coret selembar kertas membentuk sebuah grafiti. "apaan tuh pin ?" tanya mario. "VIRUS!, nama geng kita nih" kepin menjawab dengan lantang tanpa berpikir sebelumnya. "yoman, keren-keren" puji mario. Sejak itulah nama kita yaitu V-RUS atau dibaca VIRUS yang sebelumnya tak berarti apa-apa dan gue pun menambahkan kalo V-RUS itu artinya Vanlith Rusuh. Vanlith itu nama SMP kita dan Rusuh itu kehidupan kita bersama yang sedikit rusuh. Jadilah namanya V-RUS atau bisa dibilang VIRUS.

Perawalan yang kita sebut persahabatan yang mungkin mengisahkan kenangan berarti bagi hidup kita. Kisah cinta kepin yang berakhir mengenaskan pun menegurkan kita kalo cinta monyet itu memang indah, tetapi kalah indah sama yang namanya persahabatan.