Thursday, December 8, 2011

Sebuah Nama

Hal pertama yang gue pikirin pas baca nama sebuah band disebuah brosur festival band yang bernama "BESOK BUBAR" adalah : Apa tuh band ga punya ide lagi buat ngasih nama? masa namanya besok bubar? kepengen bubar cepet-cepet? atau saking stressnya nyari nama buat bandnya, akhirnya milih jalan terakhir dengan ngasih nama besok bubar? *hening*



                                                                  Besok Bubar band...

Karena itu gue penasaran. trus gue searching digoogle dan gue nemuin website bandnya. Pas udah kebuka websitenya, gue langsung click page profil itu band. Dan diprofilenya itu langsung dikasih history bandnya.




Sekarang gue udah ngerti. Besok yang dimaksud itu adalah, besok yang tidak pernah habis. Jadi intinya nama itu band menggambarin kalo band mereka mencoba ga bakal bubar sampai hari esok selesai, alias kiamat. *ngangguk-ngangguk*. 

Keren juga yah kalo dipikir-pikir nama bandnya pas udah tau artinya. Tapi kalo ga tau artinya, mungkin bakal mikir macam-macam sama tuh band, kaya yang gue pikiran pertama kali.

Disini gue mulai bimbang. Ada kalimat yang menyatakan "apalah arti sebuah nama". Kalau arti sebuah nama dianggap ngga penting, hal serupa bakal terjadi kaya pas pertama kali gue liat nama band Besok Bubar.


Tetapi banyak nama band terkenal yang diciptain ga pake mikir panjang sebelumnya. Contohnya kaya band KORN. Band metal dari Amerika.

KoЯn

Mereka ngasih nama bandnya KORN karena pas waktu itu, pas mereka lagi nongkrong di kafe, ada sepasang gay yang lagi suap-suapan makan jagung pake mulut. Terus mereka ngakak ngeliat kejadian itu. akhirnya jadilah nama band mereka KORN dengan huruf R terbalik (baca: corn/jagung).

Sedikit ngga jelas kan. Karena mungkin mereka pegang prinsip "apalah arti sebuah nama". Mungkin bagi mereka nama ga terlalu penting. Yang penting "sesuatu" yang ada dibalik nama tesebut. Sesuatu itu mungkin prestasi, ketenaran atau keberhasilan dari band yang bernama KORN itu. 

Hal itu berkaitan erat dengan kalimat "sebuah nama, sebuah cerita". Dimana ada nama, disitu ada cerita yang membelakangi nama itu. Dibalik nama KORN atau Besok Bubar, pasti ada cerita yang terjadi dibalik nama itu. Cerita yang dimaksud bukan hanya sekedar cerita pengalaman, latar belakang dan kegiatan-kegiatan band itu. Tapi juga mengarah ke"sesuatu" yang tadi dimaksud. Sesuatu yang mungkin bermakna bagi personil band itu atau fans-fans dari band itu sendiri.


Jadi akhirnya gue ambil kesimpulan. Kalau kalimat "apalah arti sebuah nama" terkadang benar, dan terkadang juga salah. Tetapi kalimat "sebuah nama, sebuah cerita" adalah kalimat yang menurut gue paling benar. Karena sebuah nama yang berarti ataupun tidak memiliki arti yang spesifik, pasti memiliki cerita tersendiri dibalik nama tersebut.

Mungkin itu pendapat gue akan betapa "sesuatu"nya sebuah nama. Nama gue mungkin sesuatu bagi gue atau mungkin bagi orang lain. Bisa "sesuatu" yang baik atau "sesuatu" yang buruk. Jadi gue harus bangga dengan nama yang dikasih bokap-nyokap gue. Karena bagi gue : "apalah arti sebuah nama", tapi "sesuatu" apa dibalik "cerita" dari nama itu sendiri.

Salam super, Andry Yosep :D