Thursday, March 17, 2016

Ngepost Lagi (After 4 Years)

Setelah 4 tahun berlalu, dan ngeliat lagi blog ini rasanya kayak ga sengaja nemu catatan yang berdebu di pojokan laci meja belajar, cuy. Awkward dan ketawa-ketawa sendiri jadinya. Seketika itu juga ngebuat gue seakan masuk ke mesin waktu yang ngebawa gue ke era gue saat bikin ini blog. Beuh. Dan sekarang gue lagi di dalam kenangan itu nih.

Btw, sekarang gue lagi di kamar kost, sendiri dan dingin. Bahkan di luar lagi hujan. Itu kenapa kesunyian ini ngebawa gue pada ingatan-ingatan yang ga sengaja kebuka satu persatu. Nemu blog ini jadi ngingetin apa yang gue lakuin jaman-jaman itu, jaman SMA kelas 1 dulu. Rasanya dari dulu emang gue doyan banget sama yang namanya kesendirian deh. Itu kenapa gue ngebuat blog. Ya sebagai sarana gue buat nemenin sepi gue itu. Menyenangkan emang nginget-nginget dulu. Tapi yang hampir semua itu pengalaman gue pas lagi sendiri kayak sekarang ini, sih. Hahahahaha.

Biar sekut, gue bikin cerita reuni gue ini dalam bentuk sajak. Enjoy!

-Teruntuk Blogku Ini-

Tetap aku duduk, setelah tak terasa dua jam sudah berlalu
Bahkan satu jam bukan lagi lama, dia satu menit kali ini
Terdengar gerimis yang mencoba reda namun gagal
Dan hujan itu membuat aku tuk tetap di sini

Pada ingatan aku kembali, pada sunyi aku terbawa
Aku ingat jelas, kursi itu pernah kududuki
Dulu ia berada dekat kamarku, di depan komputer yang dibeli ayah kala ku SD
Bahkan ingatanku tidak hanya sampai di situ
Aku pun mulai bernostalgia

Dulu aku adalah sekarang, hanya berubah pada fisiknya
Aku masih suka sendiri, tetap sebagai penikmat khayal
Bahkan bagiku itu cukup untuk sebuah hiburan
Seperti saat itu, di depan layar dan bermesin ketik aku berimajinasi

Imajinasiku lepas dalam ketikan, tercipta dalam tulisan 
Aku menulis dan merangkai, bak penulis idola
Dulu itu keren, setidaknya di anggapanku
Karena bagiku penulis adalah pekerja penyuka sepi
Dia pergi untuk sendiri,
Berteman hanya pada imaji hingga intuisi

Dan sepi ini adalah bukti, aku menyukainya
Dari tadi hingga kini masih menikmatinya
Aku sedang reuni pada sepi yang dulu,
Sepi yang menemaniku dari senja hingga kuterlelap
Sepi yang kurasa abadi hingga ia datang ke sini
Hadir dan menyapaku saat ini

Dan teruntuk blog ini, aku berterimakasih
Setelah letih tadi pagi, kini aku segar oleh memori
Karena pada sebuh kenangan, aku selalu merindu
Bukan untuk kembali, atau larut di dalamnya
Karena hakikatnya, aku memang akan tetap di sini
Menjalani hari yang terus berlalu menciptakan memori baru
Memori yang nanti kan kuingat juga lagi

- andry yosep, 17 maret 2016, kosan.